Ruang lingkup penilaian anak TK ada
dua macam (dalam LHBS / Laporan Hasil Belajar Sekolah / rapor ):
- Bidang Perkembangan Kemampuan
Dasar (kompetensi) yang meliputi :
Kognitif : Proses perkembangan kemampuan anak dimana anak dilatih
untuk mampu menerima, mengelola dan memahami informasi-informasi yang
disampaikan kepadanya. Contoh : siswa mampu mengingat warna, bentuk,
huruf dan angka
Fisik / Motorik : Proses tumbuh kembang kemampuan gerak
seorang anak. Contoh : siswa bergerak, berlari, meloncat, jalan
ditempat, melempar dan aneka kegiatan fisik lainya yang merangsang
pertumbuhan anak. Ada dua macam motorik yaitu Motorik Halus dan
Motorik Kasar. Contoh dari motorik halus adalah membuat garis, melipat,
mengarsir, mewarnai, membutsir / membentuk tanah liat, menggunting,
menyusun balok). Contoh dari motorik kasar adalah melompat, berlari,
Seni contoh : siswa menguasai seni melipat, seni mewarnai dengan baik
Bahasa siswa mampu berbahasa dengan benar, mengutarakan pendapat
atau jawaban atas rangsangan yang diberikan oleh guru.
- Bidang Perkembangan Pembiasaan,
yang meliputi : Moral, Agama, Sosial, Emosional, Kemandirian
biasanya disebut denga curriculum hidden / pembiasaan
contoh :
Moral, contoh siswa mengucap salam ketika bertemu, sopan santun,
tata krama
Agama, contoh siswa terbiasa membaca doa sebelum dan ssesudah
melakukan aktifitas spt : makan, belajar dll
Sosial, contoh siswa tumbuh menjadi pribadi yang senang menolong
temannya
Emosional : Proses perkembangan dimana anak belajar untuk
mencintai, merasa nyaman, berani, takut marah dan aneka emosi lainnya.
Biasanya anak mencerminkan emosi berdasarkan emosi yang dia terima
sehari-hari. Contoh : Jika di rumah ia senantiasa disayangi maka dia
akan belajar bagaimana menyayangi, begitu juga sebaliknya.
Kemandirian : Siswa tumbuh menjadi pribadi yang percaya pada diri
sendirinya sendiri dan merasa nyaman dengan lingkungan sekolah tanpa harus
di tunggui oleh keluarganya.
0 komentar:
Posting Komentar