Pembelajaran melalui Bercerita di TK
Strategi pembelajaran melalui bercerita terdiri dari lima langkah, langkah-langkah yang di maksud adalah sebagai berikut:
1. Menentapkan tujuan dan tema
2. Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita sesuai dengan bentuk bercerita yang di pilih
3. Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih, misalnya bercerita dengan membaca langsung dari buku cerita, menggunakan gambar-gambar, menggunakan papan flannel,dst
4. Menetapkan rancangan langkah-langkah kegiatan bercerita, yang terdiri dari:
* menyampaikan tujuan dan tema cerita
* mengatur tempat duduk
* melaksanakan kegiatan pembukaan
* mengembangkan cerita
* menetapkan teknik bertutur
* mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita
5. Menetapkan rancangan penilaian kegiatan bercerita
untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran dilaksanakan penilaian dengan cara mengajukan pertanyaan pertanyaan yang berhubungan dengan isi cerita untuk mengembangkan pemahaman anak akan isi cerita yang telah didengarkan.
0 komentar:
Posting Komentar