Model pembelajaran adalah suatu
desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi
lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga
terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak. Adapun komponen model
pembelajaran meliputi; konsep, tujuan pembelajaran, materi/tema,
langkah-langkah/prosedur, metode, alat/sumber belajar, dan teknik evaluasi.
Penyusunan model pembelajaran di
Taman Kanak-Kanak (TK) didasarkan pada silabus yang dikembangkan menjadi perencanaan
semester, stuan kegiatan mingguan (SKM), dan satuan kegiatan harian (SKH).
Dengan demikian, modl pembelajaran merupakan gambaran konkret yang dilakukan
pendidik dan peserta didik sesuai dengan kegiatan harian.
Kita mengenal beberapa model
pembelajaran yang diterapkan di TK, diantaranya adalah:
1. Model pembelajaran klasikal
2. Model pembelajaran kegiatan kelompok dengan kegiatan pengaman
3. Model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut kegiatan
4. Model pembelajaran area
5. Model pembelajaran berdasarkan sentra
Model-model pembalajaran tersebut pada umumnya menggunakan langkah-langkah
pembelajaran yang sama dalam sehari, yaitu: kegiatan awal/pendahuluan, kegiatan
inti, istirahat/makan, kegiatan akhir atau penutup.
Kegiatan awal/pendahuluan adalah kegiatan awal dalam pembelajaran yang
ditujukan untuk memfokuskan perhatian, membangkitkan motivasi sehingga peserta
didik siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kegiatan inti merupakan proses kegiatan utama untuk mencapai kompetnsi dasar
yang harus dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,
dan partisipatif. Kegiatan inti dilakukan melalui proses eksplorasi,
eksperimen, elaborasi, dan konfirmasi.
Kegiatan penutup adalah kegiatan
yang dilakukan untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran. Bentuk kegiatannya
berupa menyimpulkan, umpan balik, dan tindak lanjut.
0 komentar:
Posting Komentar