er Kompetensi Pendidik dalam Pendidikan Islam | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Kompetensi Pendidik dalam Pendidikan Islam


    Untuk menjadi pendidik Islam yang profesional maka diperlukan kompetensi-kompetensi yang lengkap, meliputi:
    1. Penguasaan materi al-Islam yang komprehensif serta wawasan dan bahan pengayaan, terutama pada    bidang-bidang yang menjadi tugasnya. 
     2. Penguasaan strategi (mencakup pendekatan, metode, dan teknik) pendidikan Islam, termasuk kemampuan evaluasinya.
            3. Penguasaan ilmu dan wawasan kependidikan
      4. Memahami prinsip-prinsip dalam menafsirkan hasil penelitian pendidikan, guna keperluan pengembangan   pendidikan Islam masa depan.
    5.Memiliki kepekaan terhadap informasi secara langsung atau tidak langsung yang mendukung kepentingan tugas.

    Adapun kompetensi-kompetensi menurut Muhaimin dan Abdul Mujib yang dikutip oleh Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir dalam bukunya yang berjudul Ilmu Pendidikan islam adalah sebagai berikut:
     1.Kompetensi personal religius, kemampuan dasar pertama pendidik adalah menyangkut kepribadian agamis, artinya pada dirinya melekat nilai-nilai yang hendak ditransinternalisasakan kepada peserta didiknya.
    2.Kompetensi sosial religius, kemampuan dasar kedua pendidik adalah menyangkut kepedulian terhadap    masalah-masalah sosial selaras dengan ajaran dakwah Islam.
    3.Kompetensi profesional religius, kemampuan dasar ketiga ini menyangkut kemampuan untuk menjalankan tugas keguruannya secara prifesional, dalam arti mampu membuat keputusan keahlian atas beragamnya kasus serta mampu   mempertanggung jawabkan berdasarkan teori dan wawasan keahliannya dalam perspektif Islam.
Kompetensi pendidik dalam pendidikan Islam tidak kalah penting mengingat tugas pendidik adalah penerus risalah para Nabi untuk memberikan uswah hasanah kepada para peserta didik dan berusaha selalu meningkatkan kualitasnya dalam pempersiapkan peserta didikan di masa depan.
shareseriale online gratis
             




1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks ya sob udah share .......................



bisnistiket.co.id

Posting Komentar