Tetapi lebih lanjut anak dituntut
untuk menanggapinya secara mental melalui kemampuan berfikir, khususnya
mengenai konsep, kaidah atau prinsip atas obyek masalah dan pemecahannya.
Ini berarti aktivitas dalam belajar tidak hanya menyangkut masalah fisik
semata, tetapi yang lebih penting adalah keterlibatannya secara mental yaitu
aspek kognitif yang berhubungan dengan fungsi intelektual.
Perkembangan kognitif menjadi sangat
penting manakala anak akan dihadapkan kepada persoalan-persoalan yang menuntut
kemampuan berfikir. Masalah ini sering menjadi pertimbangan mendasar di dalam
membelajarkan mereka, khususnya yang menyangkut isi atau kurikulum yang akan
dipelajarinya.
Berkaitan dengan hal itu akan
diungkapkan secara berturut-turut mengenai pengertian-pengertian kognitif,
proses perkembangan fungsi-fungsi kognitif, tahapan perkembangan
kognitif dan tinjauan perpindahan berfikir praoperasional ke operasional
kongkrit. Dan semua penjelasan itu akan disajikan secara runtut bagi anda para
pendidik. seiring dengan vitalnya aspek pendidikan dalam perjuangan bangsa ini,
penulis pribadi memberikan apresiasi yang tinggi bagi para pendidik baik pendidikan
anak usia dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak, maupun jenjang pendidikan lainnya.
1 komentar:
Super sekali artikelnya
Posting Komentar