er Mengenal Pelangi | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Mengenal Pelangi


anak tk
pelangi
pelangi-pelangi alangkah indahmu
merah kuning hijau di langit yang biru
pelukismu agung siapa gerangan
pelangi-pelangi ciptaan Tuhan....

Anak-anak yang berusia balita atau memasuki usia playgroup/TK pasti sudah hafal lagu Pelangi diatas. Atau bahkan malah jadi lagu harian anak-anak kita. Selain belajar menyanyi, ada juga unsur mengenalkan nama-nama warna pada anak-anak. Dan juga yang tak kalah penting adalah bahwa adanya pelangi menujukkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

Ketika kita melihat pelangi di langit atas sana, apa yang terpikirkan oleh kita? Pelangi yang indah di langit sangat memanjakan mata kita. Dengan udara yang masih sejuk akibat tetesan hujan, sungguh sangat membuai hati kita menjadi damai. Karena biasanya pelangi muncul setelah hujan dan matahari kembali bersinar cerah.

Tapi pernahkah kita berpikir mengapa pelangi yang indah itu melengkung? Mengapa bentuknya tidak lurus atau berbentuk lingkaran?
Pertama-tama titik-titik hujan membiaskan cahaya tampak dan membuat cahaya putih tersebut terpisah menjadi tujuh warna penyusunnya. Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu adalah warna-warna penyusun warna putih. Untuk mudah mengingatnya disingkat menjadi 'mejikuhibiniu'.

Kita dapat melihat pelangi yang indah jika keadaanya adalah sebagai berikut:
1. Syarat pertama ialah kita harus membelakangi sumber cahaya saat melihat pelangi. Dalam hal ini, sumber cahaya yang dimaksud ialah matahari.

2. Syarat kedua ini adalah penyebab mengapa pelangi melengkung yaitu kita harus melihat pelangi dari sudut sekitar 40 derajat, selain dari sudut ini pelangi tidak akan terlihat dengan baik. Oleh karena itu, pelangi terlihat melengkung di langit luas.
http://seputarduniaanak.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar