er Manfaat Origami | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Manfaat Origami

Origami adalah seni melipat kertas. Sementara di USA terkenal dengan paper folding dan di Spanyol dikenal dengan Papiroflexia. Kata Origami sendiri diambil dari bahasa Jepang , yaitu "Ori" yang berarti melipat dan gami diambil dari kata benda "Kami" yang berarti kertas. Namun, hal ini bukan berarti origami diciptakan di Jepang. Origami pertama ditemukan di Cina perkiraan abad pertama atau kedua dan kemudian menyebar ke Jepang sekitar abad keenam. Di Jepang origami berkembang secara pesat dan menjadi kebudayaan, bahkan setiap aspek kehidupan orang Jepang selalu mengaitkan dengan origami. Mulai dari kehidupan sehari-hari hingga perayaan keagamaan mereka, hal ini membuat seni melipat kertas di dunia lebih dikenal dengan nama ORIGAMI. 
Manfaat apa yang akan didapat saat ananda belajar origami secara konsisten adalah : 
1. Ananda akan semakin akrab dengan konsep-konsep dan istilah-istilah Matematika geometri, karena pada saat bunda atau sorang guru menerangkan origami akan sering menggunakan istilah matematika geometri contohnya : garis, titik, perpotongan 2 buah garis, titik pusat, segitiga, dll.
2. Bermain origami akan meningkatkan keterampilan motorik halus ananda , menekan kertas dengan ujung-ujung jari adalah latihan efektif untuk melatih motorik halus ananda.
3. Meningkatkan dan memahami pentingnya akurasi, saat membuat model origami terkadang kita harus membagi 2, 3 atau lebih kertas, hal ini membuat ananda belajar mengenai ukuran dan bentuk yang diinginkan serta keakuratannya. 
4. Meningkatkan citra diri dan bakat ananda.
5. Saat bermain origami ananda akan terbiasa Belajar mengikuti instruksi yang runut.
6. Mengembangkan pemikiran logis 
7. Bermin origami secara konsisten juga merupakan latihan berkonsentrasi, membuat sebuah model origami tentu saja membutuhkan konsentrasi,dan hal ini dapat dijadikan sebagai ajang latihan untuk memperpanjang rentang konsentrasi seorang anak, dengan syarat origaminya dilakukan secara kontinyu dan model yang diberikan bertahap dari yang paling mudah yang dapat dikerjakan oleh ananda lalu terus ditingkatkan sesuai kemampuanya. 
8. Meningkatkan persepsi visual dan spasial 
9. Mendapatkan

untuk tahu lebih banyak tentang hewan dan lingkungan mereka, ha ini karena bentuk origami yang dibuat dapat dililih oleh kita dan dapat dijadikan sebagai media pengenalan hewan dan lingkungan ananda. 10. Memperkuat ikatan emosi antara orang tua dan anak, bermain origami disertai komunikasi yang menyenangkan ini akan membangun ikatan yang sungguh baik antara anak dan orang tua atau guru dan murid. lagu2anak.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar