er Penilaian Portofolio | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio merupakan satu metode penilaian berkesinambungan, dengan mengumpulkan informasi atau data secara sistematik atas hasil pekerjaan seseorang (Pomham, 1984). Seluruh hasil belajar peserta didik (hasil tes, hasil tugas perorangan, hasil praktikum atau hasil pekerjaan rumah) dicatat dan diorganisir secara sistematik

Fungsi penilaian fortopolio adalah sebagai alat untuk mengetahui kemajuan kompetensi yang telah dicapai peserta didik dan mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik, memberikan umpan balik untuk kepentingan perbaikan dan penyempurnaan KBM. Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik dapat berupa: (1)puisi; (2)karangan; (3)gambar/tulisan; (4)peta/denah; (5)desain; (6)paper; (7)laporan observasi; (8 )laporan penyelidikan; (9)laporan penelitian; (10)laporan eksperimen; (11)sinopsis;(12)naskah pidato/kotbah; (13)naskah drama;(14)doa; (15)rumus;(16)kartu ucapan; (17)surat; (18 )komposisi musik; (19)teks lagu; (20)resep masakan.

0 komentar:

Posting Komentar