er Kurikulum RA/TK | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Kurikulum RA/TK

KURIKULUM
Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,Isi, dan bahan kegiatan/pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan

Rambu-rambu Kurikulum 2004 ( Kurikulum Berbasis Kompetensi )
1.Sebagai pedoman bagi para pendidik, orang tua , guru, orang dewasa lainnya.
2.Cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah.
3.Mencapai kompetensi sesuai degan tingkat kemampuan anak.
4.Kompetensi yang disiapkan merupakan kompetensi minimal.
5.Pendidik menciptakan suasana yang penuh perhatian dan kasih sayang.
6.Pelaksanaan kurikulum tidak bersifat kaku.
7.Bagi TK yang memiliki kekhasan ( agama) dimungkinkan menambah materi kegiatan.
8.Memperhatikan prinsi-prinsip pendekatan pembelajaran dan penilaian.

Prinsip – prinsip pendekatan pembelajaran
1.Berorientasi pada prinsip-prinsip
perkembangan anak.
2.Berorientasi pada kebutuhan anak.
3.Bermain sambil belajar atau belajar
seraya bermain.
4.Menggunakan pendekatan tematik.
5.Kreatif dan Inovatif.
6.Lingkungan kondusif.
7.Mengembangkan kecakapan hidup.

RUANG LINGKUP

Kurikulum TK dan RA meliputi aspek perkembangan :
1.Moral dan nilai-nilai Agama.
2.Sosial, Emosional dan Kemandirian.
3.Berbahasa.
4.Kognitif.
5.Fisik/Motorik.
6.Seni.

ditulis oleh: Herlinawati,S.Pd.I(Dosen Pgtk Darunnajah)

0 komentar:

Posting Komentar