er Kemantangan Berfikir | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Kemantangan Berfikir

Kematangan berpikir ini sejalan dengan meningkatnya usia. Menurut Jean Piaget, seorang tokoh psikologi perkembangan, kemampuan berpikir anak 7 tahun ke bawah dengan 7 tahun ke atas memiliki perbedaan nyata. Anak di bawah 7 tahun ada dalam tahap berpikir praoperasional. Maksudnya dalam memahami sesuatu anak masih berpikir konkret atau belum dapat berpikir secara abstrak. Kemampuan berbahasanya pun masih terbatas.

Sementara kemampuan berpikir anak di atas 7 tahun sudah berada pada tahap operasional. Ia sudah dapat memahami hal-hal yang abstrak. Pergaulan mereka semakin kompleks, tak hanya sebatas lingkungan keluarga tetapi juga teman bermain di luar keluarganya dan sering membuat kendala komunikasi (jarak) dengan orang tua. Di usia ini pada umumnya mereka lebih senang mencurahkan isi hatinya pada teman daripada pada orang tuanya.

Oleh karena itu, orang tua mesti memiliki siasat komunikasi berdasarkan temperamen dan kematangan berpikir anak. Bedakan kala berkomunikasi dengan si adik yang masih berusia 6 tahun dengan si kakak yang sudah berusia 9 tahun. Pada anak usia 6 tahun, orang tua bisa berkata, "Kalau Adek mengambil barang Nino, nanti Nino jadi sedih." Sedangkan untuk anak 9 tahun, orang tua bisa bicara dengan lebih abstrak : "Kamu nggak boleh mengambil uang Bunda tanpa izin. Itu namanya mencuri, dan mencuri adalah perbuatan dosa."

0 komentar:

Posting Komentar