er Istilah-istilah Motorik | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Istilah-istilah Motorik

Ada beberapa istilah yang sering dipergunakan dalam belajar motorik yaitu :

1.Perkembangan Motorik (Motor Development)

Perkembangan motorik terutama dimaksudkan untuk mempelajari perilaku ditinjau dari pandangan perkembangannya. Adapun perilaku yang diperhatikan dalam konteks ini adalah perilaku dalam bentuk motorik.

2.Belajar Motorik (Motor Learning)

Belajar motorik terdiri dari dua kata yaitu belajar dan motorik. Belajar dapat dinyatakan sebagai perubahan internal individu yang disimpulkan dari perkembangan prestasinya yang relatif stabil, sebagai hasil latihan.Sedangkan motorik menunjukkan keadaan /sifat bentuk apa yang telah dihasilkan dalam proses berlatih.

3.Keterampilan (skill)

Keterampilan adalah tindakan yang memerlukan aktivitas gerak dan harus dipelajari agar supaya mendapatkan bentuk yang benar.

4.Kemampuan (ability)

Edwin Fleishman menyatakan bahwa kemampuan (ability) merupakan suatu kapasitas umum yang berkaitan dengan prestasi berbagai macam keterampilan.

5.Pola gerak (Movement Pattern)


Menurut Godfrey dan Kephart movement pattern adalah sebagai rangkaian tindakan motorik ekstensif yang dibentuk dengan tingkatan lebih rendah dibandingkan dengan tindakan yang dikategorikan sebagai keterampilan (skill).

0 komentar:

Posting Komentar