er 3 Sifat Utama Anak | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

3 Sifat Utama Anak

Dalam mendidik anak, tidak hanya cukup hanya dengan dicukupi materinya saja. Perhatian dan kasih sayang dari orang tua mutlak dibutuhkan oleh sang anak. Terutama pada usia-usia Pra Sekolah sampai usia MI/SD. Peran serta orang tua mempunyai peranan yang sangat besar dalam membentuk karakter sang anak. Bahkan tak jarang sang anak sengaja membuat atau berbuat kenakalan hanya untuk mendapatkan perhatian dari orang dewasa. Nah untuk mengatasi kenakalan anak tersebut perlu diketahui beberapa sifat utama anak.
Sifat utama anak inilah yang dapat dimanfaatkan untuk mendidik anak dan mengarahkan anak sehingga dapat mematuhi nasehat maupun menuruti ajaran guru dan orang tua. Sifat-sifat utama tersebut akan kami paparkan berikut ini :

a. Dorongan Imitasi, yaitu dorongan untuk meniru perbuatan atau kebiasaan orang lain. Dorongan atau daya meniru ini terdapat dalam setiap anak. Daya – daya itu sedemikian kuatnya sehingga banyak hal yang dipelajari. Misalnya saja ketika anak melihat Ibu sedang memandikan bayi, maka iapun meniru memandikan bonekanya. Dari dorongan inilah anak – anak memperoleh sebagian besar pelajaran yang dipelajarinya. Dan dorongan meniru merupakan sarat yang dapat memperkuat kepatuhan.
b. Dorongan Identifikasi, yaitu dorongan untuk menyamakan diri atau merasa sama dengan orang lain. Dorongan identifikasi ini juga sangat kuat dalam diri anak. Anak umumnya akan menyamakan dirinya dengan ayah ibunya. Apa yang dianggap bagus oleh ayah ibunya, anakpun akan menganggapnya bagus. Anak juga akan merasa sedih jika melihat orang tuanya berduka cita. Hubungan antara anak dengan orang tuanya yang dibangun berdasarkan identifikasi sangat berguna untuk menambah kepatuhan.
c. Sugestibel, yaitu sifat anak yang mudah dipengaruhi, lebih mudah dari orang dewasa. Anak – anak mempunyai daya pikir yang belum berkembang. Pemikiran mereka masih sederhana. Oleh sebab itu mereka mempunyai kepercayaan yang bulat terhadap orang tuanya ataupun gurunya. Kepercayaan yang bulat ini menjadi alat penolong untuk menganjurkan ia menjadi anak yang patuh. Sugesti merupakan cara yang terbaik untuk menyuruh anak agar menurut, namun jika anak sudah besar dan daya pikirnya sudah berkembang maka ia tidak lagi percaya pada kata – kata sugesti.


0 komentar:

Posting Komentar