er Perkembangan Sosial Anak TK | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Perkembangan Sosial Anak TK

Menjelang usia empat tahun, anak yang sudah siap masuk TK sudah akan menunjukan kesenangan untuk bergaul denagn teman. Mungkin ada yang malu-malu dan takut, tetapi keinginan untuk bergaul tetap ada.

Jika suatu kali mereka merugikan orang lain, maka dengan diberi pengertian mereka sudah mau untuk diajak kerjasama. Dengan kemampuan ini, maka di TK akan dimulai proses untuk saling menghargai perasaan sesame teman . jika diberi pengertian, anak sudah mau berbagi dengan teman-temannya. Berbagai mainan, berbagai kue, atau alat-alat peraga.

Sementara mereka yang belum siap bersosilisasi, masih selalu mementingkan dirinya sendiri, tak mau mencoba bergaul, tak mau mengerti perasaan teman, sehingga perilakunya tak disukai teman, bahkan mengganggu berlangsungnya kegiatan di kelas.
Untuk mereka yang hendak ke SD, harus sudah mampu bersosialisasi denagn baik, sudah memiliki kenginan untuk mematuhi perintah di lingkungannya. Bahkan mereka sudah menikmati pola permainan yang terikat pada berbagai peraturan bersama antar pemain, sebagai wujud kenginan untuk berdisiplin itu.
http://pgtk--darunnajah.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar