er Kemampuan Berbahasa Anak TK | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Kemampuan Berbahasa Anak TK

Kemapuan berbahasa adalah kebutuhan mutlak untuk berkomunikasi. Seorang anak yang belum cakap perkembangan bahasanya akan mengalami banyak hambatan komunikasi. Ia akan cepat frustasi tak bisa mengungkapkan keinginannya. Anak-anak kecil ini sering kali tiba-tiba menangis tanpa sebab, dan orang tua bingung karena tak mengerti keinginannya. Menangis, marah, atau juga bediam diri, adalah beberapa reaksi yang di tunjukan anak ketika ada keinginan mereka yang tak mampu membahasakan keinginannya secara verbal , maka mereka hanya mampu meluapkan kejengkelannya dalam bentuk perilaku negative.

Mereka yang masih menunjukan sikap kekanak-kanakan ini nampaknya belum siap untuk masuk TK. Di bangku TK, anak sudah tak bisa berharap mnedapat perhatian penuh dari orang tua. Dia harus bebagi dengan sekitar sepuluh anak lain untuk memperoleh perhatian ibu guru. Untuk itu ia harus sudah mampu mengekspresikan keinginanan dana kebutuhannya dalam komunikasi Verbal.

Bagaimana jika anak sudah mampu berbahasa tetapi tak mau buka suara di sekolah karena takut? Jika permasalahannya karena masih takut, malu, atau kurang percaya diri, penyelesian selanjutnya bisa di tempuh melalui pendekatan mental. Jika permasalahan kepribaidiannya terselesaikan, maka hilanglah hambatan komunukasi verbalnya.

Secara umum, anak berusia empat tahun sudah memiliki kemampuan bahasa yang cukup untuk mengikuti pendidikan di TK. Asalkan usianya sudah cukup dan tak ada permasalahan dalam kepribadiannya.

Bagi anak-anak TK yang hendak masuk kelas 1 SD, umumnya kemampuan berbahasa mereka sudah mapan sehingga tidak terlalu banyak mempengaruhi perkembangan selanjutnya.
http://pgtk--darunnajah.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar