er Mengajari Anak Perbedaan Tangan Kanan Dan Tangan Kiri | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Mengajari Anak Perbedaan Tangan Kanan Dan Tangan Kiri

“Najwa”, panggil gurunya pada saat mengabsen murid-murid TK. A
Yang dipanggil rupanya diam saja dan kelihatan bingung.
“Ada apa Najwa?” tanya Bu Guru penasaran.
“Aku tak tahu Bu, aku harus mengacungkan tanganku yang mana?” jawab Najwa polos.
Bu guru Putri hanya tersenyum dan geleng-geleng kepala mendengar pengakuannya yang jujur itu.
--
Ilustrasi di atas memberikan gambaran pada kita bahwa mengajari sejak dini fungsi tangan kanan dan kiri itu sangat penting.

Umumnya, seorang anak tak akan tahu yang mana tangan kanan dan yang mana tangan kiri. Yang mereka ketahui hanyalah bahwa mereka memiliki dua buah tangan dan sepuluh buah jari. Selebihnya, mereka belum mengerti perbedaan fungsi antara tangan kanan dan kiri.

Apakah penting mengajarkan pada mereka tentang tangan kanan dan tangan kiri?

Bagi sebagian orang mungkin hal ini dianggap sepele, padahal sebenarnya sangat penting. Ada sebuah kasus yaitu seorang anak yang sama sekali tidak bisa menulis dengan tangan kanannya karena sedari kecil dia sudah biasa menulis dengan tangan kiri.

Padahal, kita tinggal di sebuah Negara dengan tradisi ketimurannya yang sangat kental dan sangat menghargai kesopanan. Kasus di atas tentunya akan merugikan anak tersebut ketika tumbuh menjadi dewasa, karena sebagian besar orang di Negara kita masih menganggap bahwa menulis dengan tangan kiri atau kidal itu tidak sopan.

Bagaimana memulainya?

Seorang anak harus diajarkan tentang tangan kanan dan tangan kiri sejak balita. Karena pada saat usia tersebut, otak mereka masih fresh dan masih dengan mudah dimasuki oleh materi- materi serta beragam pelajaran.

Proses pengenalan tentang tangan kanan dan tangan kiri serta manfaatnya bisa dilakukan di rumah sebagai ruang lingkup yang paling kecil.

Tak hanya di rumah tentunya, bagi balita yang sudah bersekolah, mengajarkan konsep tentang tangan kanan dan tangan kiri juga harus dilakukan.

Materi dasar yang bisa diberikan tentang tangan kanan dan tangan kiri untuk balita yaitu:

•Tangan kanan digunakan untuk menulis, mengangkat tangan, menunjuk sesuatu, dan bersalaman. Tangan kanan adalah tangan yang baik bagai bidadari

•Tangan kiri digunakan pada saat ke kamar kecil dan tidak boleh digunakan selayaknya tangan kanan.

Pemberian materi tentang tangan kanan dan tangan kiri pada balita bisa juga melalui sebuah cerita. Misalnya, apa yang akan terjadi bila tangan kiri melakukan tugas sebagai tangan kanan dan sebaliknya. Tentunya cerita-cerita yang dipilih juga harus mendidik dan mudah dicerna.

Selain melalui kegiatan di atas, cara mengajarkan konsep tangan kanan dan tangan kiri pada balita bisa dilakukan melalui lagu. Misalnya lagu ini”

“Tangan kanan tangan kiri mempunyai jari
Direntangkan dibengkokkan putar pergelangan
Acung depan dilentikkan ayo tepuk tangan”


Tentunya yang mengajar juga harus praktek juga agar anak-anak bisa mencontoh.

Setelah semua materi diberikan, maka langkah berikutnya adalah pemberian award kecil-kecilan dan hukuman ringan bagi anak yang ingat dan lupa tentang fungsi tangan kanan dan kiri.

Misalnya: bila seorang anak bersalaman dengan tangan kiri, seorang pengajar bisa mengingatkannya, sebaliknya bila bersalaman dengan tangan kanan maka seorang pengajar bisa menghadiahinya kata-kata pujian ringan. Sedikit hal yang mungkin nampak sederhana bagi orang dewasa tersebut merupakan hal besar dan luar biasa bagi anak-anak.

Dari paparan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa pengajaran tentang manfaat tangan kanan dan kiri bagi anak usia dini atau balita sangatlah penting, karena mereka adalah perekam dan peniru yang baik sepanjang masa.

Bila kita mengajarkan kejelekan maka kejelekan pula yang akan tercermin dalam kepribadian mereka kelak, sebaliknya bila kita mengajarkan kebaikan merekapun akan mengikuti kebaikan itu.

5 komentar:

Irvina Lioni mengatakan...

sist, cek http://kancut-beringas.blogspot.com/2010/08/exchange-link-and-banners.html yaaa. udah aku pasang lhooo :D

Galih Ramadana Suwito mengatakan...

pelajaran menggunakan tangan yg baik harus ditanamkan sejak dini agar anak terbiasa.. dan tahu pada waktu tertentu saja menggunakan tangan kiri..

Arizho mengatakan...

Tolong pasang banner saya... saya udah pasang banner anda... Jangan lupa follow balik...

Arizho mengatakan...

cara bikin gambar jalan jalan yg ada dibawah gimana?

Anonim mengatakan...

salam kenal. aq dah pasang baner n follow, link balik ya.. thank's.

Posting Komentar