er Jika Anak Tidak Mau Ditemani | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Jika Anak Tidak Mau Ditemani

Anda mungkin menemukan tiba-tiba anak anda menjadi sosok yang gagah perkasa. Atau kadang-kadang anak masih suka merengek. Memang seperti itulah anak yang baru benar-benar mandiri saat usia 3 tahun.Jika pada usia 2 tahun anak sudah mulai ingin bermain sendiri tanpa ditemani, sebenarnya mereka berlatih dan mencoba berpisah dari orang terdekatnya. Jadi, Anda tidak perlu merasa tersinggung bila dia merasa tidak membutuhkan Anda.

Awal Yang Baik

Keinginan anak untuk main sendiri merupakan awal yang baik karena anak sudah mulai merasa aman dan identitas dirinya semakin kuat. Berilah dukungan untuk menguatkan keyakinannya bahwa ia sudah besar.

Hal ini akan memudahkan anak ketika dia masuk sekolah nantinya. Tugas orang tua adalah menyeimbangkan antara mengasuh, melindungi, dan membimbing anak serta membiarkannya melakukan eksplorasi.

Bila tiba-tiba anak cemas dan berteriak saat tidak ada orang disekitarnya, Anda tidak perlu cemas karena hal itu wajar. Keinginan anak untuk mandiri sangat erat hubungannya dengan kesadarn tubuh anak.

Hindari menyuruh anak mencium atau memeluk orang lain pada usia ini, tapi biarkanlah dia membangun sendiri keinginannya untuk mencari perhatian dan mengekspresikan perasaannya.

Jika orang lain merasa kecewa tatkla anak anda tidak memeluknya, katakan saja jika Anda tidak pernah memaksa anak melakukan apa yang tidak disukainya. Ini merupakan bagian dari pembangunan kemandirian anak.

0 komentar:

Posting Komentar