er Standar Kompetensi Guru | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Standar Kompetensi Guru


Standar kompetensi guru ini dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru. Standar kompetensi guru mencakup kompetensi inti guru yang dikembangkan menjadi kompetensi guru PAUD/TK/RA, guru kelas SD/MI, dan guru mata pelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK* sebagai berikut.
Standar Kompetensi Guru PAUD/TK/RA
Kompetensi Pedagodik
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
1.1. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya.
1.2. Mengidentifikasi potensi peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai bidang pengembangan.
1.3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai bidang pengembangan.
1.4. Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai bidang Pengembangan.
2. Menguasai teori belajar dan prinsipprinsip pembelajaran yang mendidik.
2.1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
3.1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
3.2. Menentukan tujuan kegiatan pengembangan yang mendidik.
3.3. Menentukan kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan.
3.4. Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan
3.5. Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
3.6. Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik
4.1. Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik
5. dan menyenangkan.
5.1. Mengembangkan komponen-komponen rancangan kegiatan pengembangan yang
6. mendidik dan menyenangkan.
6.1. Menyusun rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, maupun di luar kelas.
6.2. Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna.
6.3. Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis
6.4. Memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
6.5. Menerapkan tahapan bermain anak dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
6.6. Mengambil keputusan transaksional dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD sesuai dengan situasi yang berkembang.
7. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
7.1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas
8. kegiatan pengembangan yang mendidik.
9. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
9.1. Menyediakan berbagai kegiatan bermain sambil belajar untuk mendorong peserta
10. didik mengembangkan potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya.
11. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
11.1. Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan.
11.2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.
12. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar


0 komentar:

Posting Komentar