Standar
kompetensi guru ini dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu
kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi
tersebut terintegrasi dalam kinerja guru. Standar kompetensi guru mencakup
kompetensi inti guru yang dikembangkan menjadi kompetensi guru PAUD/TK/RA, guru
kelas SD/MI, dan guru mata pelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK*
sebagai berikut.
Standar
Kompetensi Guru PAUD/TK/RA
Kompetensi
Pedagodik
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,
moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
1.1. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar
belakang sosial-budaya.
1.2. Mengidentifikasi potensi peserta didik usia TK/PAUD
dalam berbagai bidang pengembangan.
1.3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia
TK/PAUD dalam berbagai bidang pengembangan.
1.4. Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD
dalam berbagai bidang Pengembangan.
2. Menguasai teori belajar dan prinsipprinsip pembelajaran
yang mendidik.
2.1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip
bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang
pengembangan di TK/PAUD.
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan
teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna,
yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang
pengembangan yang diampu.
3.1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
3.2. Menentukan tujuan kegiatan pengembangan yang mendidik.
3.3. Menentukan kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai
untuk mencapai tujuan pengembangan.
3.4. Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik
yaitu kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan
3.5. Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian
dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
3.6. Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik
4.1. Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan
pengembangan yang mendidik
5. dan menyenangkan.
5.1. Mengembangkan komponen-komponen rancangan kegiatan
pengembangan yang
6. mendidik dan menyenangkan.
6.1. Menyusun rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik
yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, maupun di luar kelas.
6.2. Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik,
otentik, dan bermakna.
6.3. Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan,
inklusif, dan demokratis
6.4. Memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai
dengan pendekatan bermain sambil belajar.
6.5. Menerapkan tahapan bermain anak dalam kegiatan
pengembangan di TK/PAUD.
6.6. Mengambil keputusan transaksional dalam kegiatan
pengembangan di TK/PAUD sesuai dengan situasi yang berkembang.
7. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
7.1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
meningkatkan kualitas
8. kegiatan pengembangan yang mendidik.
9. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
9.1. Menyediakan berbagai kegiatan bermain sambil belajar
untuk mendorong peserta
10. didik mengembangkan potensinya secara optimal termasuk
kreativitasnya.
11. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan
peserta didik.
11.1. Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif,
empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan.
11.2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang
terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik,
(b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik
untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons
peserta didik, dan seterusnya.
12. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar
0 komentar:
Posting Komentar