Kegiatan
pembelajaran pada anak usia dini pada dasarnya adalah pengembangan kurikulum
secara konkret berupa seperangkat rencana yang berisi sejumlah pengalaman
belajar melalui bermain yang diberikan pada anak usia dini berdasarkan potensi
dan tugas perkembangan yang harus dikuasainya dalam rangka pencapaian
kompetensi yang harus dimiliki oleh anak.
Atas
dasar pendapat di atas dapat dinyatakan bahwa pembelajaran untuk anak usia dini
memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. 1. Belajar, bermain, dan bernyanyi
Pembelajaran untuk anak usia dini
menggunakan prinsip belajar, bermain, dan bernyanyi. Pembelajaran untuk anak
usia dini diwujudkan sedemikian rupa sehingga dapat membuat anak aktif, senang,
bebas memilih. Anak-anak belajar melalui interaksi dengan alat-alat permainan
dan perlengkapan serta manusia. Anak belajar dengan bermain dalam suasana yang
menyenangkan. Hasil belajar anak menjadi lebih baik jika kegiatan belajar
dilakukan dengan teman sebayanya. Dalam belajar, anak menggunakan seluruh alat
inderanya.
2. Pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan
Pembelajaran yang
berorientasi pada perkembangan mengacu pada tiga hal penting, yaitu : a)
berorientasi pada usia yang tepat, b) berorientasi pada individu yang tepat,
dan c) berorientasi pada konteks social budaya. Pembelajaran yang berorientasi
pada perkembangan harus sesuai dengan tingkat usia anak, artinya pembelajaran
harus diminati, kemampuan yang diharapkan dapat dicapai, serta kegiatan belajar
tersebut menantang untuk dilakukan anak di usia tersebut. Manusia merupakan
makhluk individu. Perbedaan individual juga harus manjadi pertimbangan guru
dalam merancang, menerapkan, mengevaluasi kegiatan, berinteraksi, dan memenuhi
harapan anak. Selain berorientasi pada usia dan individu yang tepat,
pembelajaran berorientasi perkembangan harus mempertimbangkan konteks sosial
budaya anak. Untuk dapat mengembangkan program pembelajaran yang bermakna, guru
hendaknya melihat anak dalam konteks keluarga, masyarakat, faktor budaya yang
melingkupinya.
0 komentar:
Posting Komentar