er Guru dalam Pendidikan Islam | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Guru dalam Pendidikan Islam

Guru dalam pendidikan islam
guru tk
Dalam islam, orang yang paling bertanggung jawab tersebut adalah orang tua( ayah dan ibu) anak didik. Tanggung jawab itu disebabkan sekurang kurangnya oleh dua hal : pertama karena kodrat, yaitu karena orang tua ditakdirkan menjadi orangtua anaknya, dan karena itu ia di takdirkan pula bertanggung jawab mendidik anaknya. kedua karena kepentingan kedua orang tua, yaitu orang tua berkepentingan terhadap kemajuan perkembangan anaknya, sukses anaknya adalah sukses orang tua juga. Tanggung jawab pertama dan utama terletak pada orang tua berdasarkan juga pada firman Allah seperti yang tersebut dalam al-Quran:
"peliharalah dirimu dan anggota keluargamu dari ancaman neraka"
"Dirimu yang di sebut dalam ayat itu adalah diri dari orang tua anak tersebut, yaitu ayah dan ibu, "anggota keluarga" dalam ayat ini ialah terutama anak-anaknya.

         Sama dengan teori pendidikan barat, tugas pendidik dalam pandangan islam secara umum ialah mendidik, yaitu mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didk, baik potensi psikomotor, kognitif, maupun potensi afektif. potensi itu harus dikembangkan secara seimbang sampai ke tingkat setinggi mungkin, menurut ajaran islam. karena orang tua adalh pendidik pertama dan utama, maka inilah tugas orang tua tersebut. pada zaman yang telah maju ini semakin banayk tugas orang tua, sebagai pendidik yang diserahkan kepada sekolah, itu lebih efisien dan juga lebih efektif.

       Pengaruh pendidikan di dalam rumah tangga terhadap perkembangan anak memang amat besar, mendasar, mendalam. Akan tetapi, pada zaman moderen ini pengaruh itu boleh dikatakan terbatas pada perkembangan aspek afektif, yaitu perkembangan sikap. pengaruh pendidikan di sekolah juga besar dan luas serta mendalam, tetapi hampir-hampir hanya pada segi perkembangan aspek kognitif (pengetahuan) dan psikomotor (ketrampilan). Pengaruh yang diperoleh anak didik di sekolah hampir seluruhnya berasal dari guru yang mengajar di kelas. Jadi, guru yang dimaksud di sini ialah pendidik yang memberikan pelajaran kepada murid, biasanya guru adalah pendidik yang memegang mata pelajaran di sekolah.
 shareSerials online


            





1 komentar:

Istimroor mengatakan...

Terim kasih ilmunya

Posting Komentar