er Kompetensi Guru TK | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Kompetensi Guru TK

Secara umum ada sejumlah kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru TK untuk menunjukkan profesionalisme dalam bidang pekerjaannya.
Standar kompetensi tersebut dikemukakan oleh National
Association of Education for Young Childrens (NAEYC) tahun
1994 sebagai berikut :

• Mendukung perkembangan dan belajar anak :
Mengetahui dan memahami karakteristik dan kebutuhan
anak;
Mengetahui dan memahami berbagai hal yang
berpengaruh terhadap perkembangan dan belajar; dan
Menggunakan pengetahuan tentang perkembangan untuk
menciptakan lingkungan belajar yang sehat, mendukung,
dan menantang.

•Membangun hubungan dengan keluarga dan masyarakat :
Mengetahui dan memahami karakteristik keluarga dan
masyarakat;
Mendukung dan memberdayakan keluarga dan
masyarakat melalui hubungan yang saling menghargai
dan timbal balik; dan
Melibatkan keluarga dan masyarakat dalam
perkembangan dan belajar anak.

•Mengamati, mendokumentasikan, dan menilai :
Memahami tujuan, keuntungan dan kegunaan penilaian;
Menggunakan observasi, dokumentasi, dan alat-alat serta
pendekatan penilaian lain yang tepat; dan
Memahami dan mempraktekkan penilaian yang dapat
dipertanggung jawabkan dalam bermitra dengan keluarga
dan profesi lain.

•Mengajar dan belajar :
Berhubungan dengan anak dan keluarga;
Menggunakan pendekatan yang berorientasi pada
perkembangan yang tepat;
Memahami pengetahuan dalam bidang pendidikan anak
usia dini; dan
Mengembangkan kurikulum yang bermakna.

•Menjadi seorang profesional :
Mengident ifikasi dan melibatkan diri dalam bidang
kawasan anak usia dini;
Mengetahui dan menjunjung tinggi standar etika dan
nilai- nilai profesi lain;
Menggunakan secara kontinuitas, pembelajaran
kolaboratif dalam praktek pengajaran yang ditampilkan;
Mengintegrasik an pengetahuan, refleksi, dan presfektif
kritis dalam pendidikan anak usia dini; dan
Memberikan perhatian dalam memberitahu anjuran pada
anak dan profesi.

Adapun Janice Beaty (1994) mengemukakan beberapa
jenis keterampilan untuk guru pendidikan prasekolah (PAUD)
dan guru TK termasuk di dalamnya, yaitu :

• Memelihara keselamatan kelas
(Maintaining a safe a classroom)
• Memelihara kesehatan kelas
(Maintaining a healthy classroom)
• Membangun lingkungan belajar
(Establishing a learning environment)
• Meningkatkan Keterampilan fisik
(Advancing physical skills)
• Meningkatkan Keterampilan komunikasi
(Advancing communication skills)
• Meningkatkan Keterampilan kreativitas
(Advancing creative skills)
• Menumbuhkan konsep diri positif
(Building a positive self-concept)
• Memperkenalkan keterampilan sosial
(Promoting social skills)
• Menyediakan bimbingan penyuluhan
(Providing guidance)
• Memperkenalkan peran serta keluarga
(Promoting family involvement)
• Menyediakan pengelolaan program
(Providing program management)
• Menanamk an sikap profesionalisme
(Promoting professionalism)

0 komentar:

Posting Komentar