er Jika Guru Krearif, Muridnya Juga Akan Kreatif | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Jika Guru Krearif, Muridnya Juga Akan Kreatif

Suasana kelas seketika menjadi hening ketika seorang guru memasuki ruang kelas. Tidak begitu lama kemudian terucap dari mulutnya, “Hari ini kalian boleh pulang, karena guru-guru akan mengadakan rapat sekolah”. Sontak kelas yang hening itu berubah jadi gaduh, “horee..” semua siswa berteriak kegirangan

Fenomena tersebut di atas sudah sering kita dengar dan bahkan kita alami sendiri. Terikan “horee” yang diekspresikan siswa tersebut menunjukkan rasa kegirangan terbebas dari belajar. Padahal mereka sudah bangun pagi-pagi, kemudian berangkat ke sekolah dan tentunya siap untuk belajar. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik menjalani proses belajar di sekolah bagaikan dalam penjara. Ternyata sistem persekolahan kita masih tidak membebaskan dan tidak menyenangkan bagi siswa.

Suasana belajar yang menyenangkan adalah salah satu faktor yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran, karena disitu ada motivasi dari siswa untuk belajar. Jika motivasi dari siswa tidak ada, maka dapat dipastikan bahwa proses belajar mengajar tidak akan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Karena itu seorang guru dituntut untuk dapat memunculkan semangat dan motivasi siswa untuk belajar terlebih dahulu dengan mendesain pembelajaran yang menyenangkan. Seorang guru dituntut untuk memiliki jiwa kreatifitas. Kreatif dalam merancang sebuah pembelajaran, kreatif dalam menciptakan model-model pembelajaran dan kreatif dalam menggunakan alat dan sumber pembelajaran.
Guru yang kreatif, secara tidak langsung akan menjadikan siswanya menjadi kreatif pula, bahkan bisa jadi kreatifitas siswa akan melebihi dari gurunya, bak pepatah mengatakan, ”guru kencing berdiri, murid kencing berjalan”. Model-model pembelajaran yang merangsang kreatifitas akan memunculkan ide-ide segar dari siswa untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang materi pembelajaran.
Pada dasarnya semua manusia yang terlahir ke dunia ini membawa naluri kreatif. Manusia zaman dahulu bisa menciptakan berbagai fasilitas hidup dan dapat beradaptasi dengan alam sehingga manusia bisa bertahan hidup sampai sekarang. Tetapi kenapa tiba-tiba sekarang para siswa menjadi sosok yang takut atau malu-malu untuk mengungkapkan ide-ide maupun pertanyaaan, begitu duduk di bangku sekolahan. Salah satunya karena mereka merasa dalam tekanan ketidakdinamisan kurikulum dan kekurang kreatifan guru-guru dalam merancang proses pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar