er Nilai-nilai Ajaran Islam sebagai Landasan Pendidikan | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Nilai-nilai Ajaran Islam sebagai Landasan Pendidikan

Mengingat begitu pentingnya aspek pendidikan terhadap manusia, maka setiap usaha pendidikan sebaiknya dilandasi oleh nilai-nilai ideal (Ideal core values) dan berlaku secara umum (General Pattern).Dasar nilai-niai ideal itu harus merupakan sumber kebenaran dan kekuatan yag dapat mengantarkan pada apa yang dicita-citakan. Dasar tersebut harus merupakan standar nilai yang dapat mengevaluasi kegiatan yang berjalan. Dalam Persfektif Islam pandangan hidup yang mendasari seluruh proses pendidikan Islam adalah pandangan hidup yang islami, yang merupakan nilai-niai luuhur yang bersifat transendental, eternal dan universal.
Berikut kutipan ayat-ayat al-Qur’an yang menjadi landasan pijak pelaksanaan pendidikan Islam, sebagai Ideal Core Values:
QS. Ali Imran : 110, yang artinya:

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.( QS. Ali Imran: 110)

0 komentar:

Posting Komentar