er Pra TK dan TK, Serupa tapi Tak Sama | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Pra TK dan TK, Serupa tapi Tak Sama

Fina , letakan mainanmu sayang. Tangan dilipat di atas meja. Ayo kakinya rapat, kepala tundukan, kita mau berdoa,” seoarang guru kelompok bermain(playgroup) mengingatkan salah seorang murid yang masih sibuk dengan kartu-kartu mainan di tangannya. Sementara sebagian besar anak sudah duduk rapi di bangku masing-masing. Mainannya diletakan dulu, nanti Allah marah. Lho!” suara bu guru agak meninggi. Tetapi yang diperingatkan hanya menoleh sebentar kepada bu guru untuk kemudian asik kembali dengan mainan barunya. Bu guru pun mendekati Fina dan berkata, “sudah sekolah, tidak boleh main terus, sekarang kita mau belajar, mainannya di bawa bu guru ya,” si kecil Fina merengut ketika ibu guru memaksa mengambil kartu-kartunya. Sebagai tanda protes, ia pun menendang-nendangkan kakinya kepada teman sebelah. Melihat itu bu guru menimpali, “kita tidak bisa mulai belajar kalau kaki Fina belum rapat dan rapi di bawah meja. Tangannya diatas meja, sayang,” kata Bu Guru lagi.

Akhirnya, terlewat hampir lima belas menit hanya untuk menunggu Fina agar bisa duduk rapi untuk mengucap doa. Peristiwa seperti ini, banyak terjadi di berbagai kelas play group yang kini hampir sama banyaknya dengan taman kanak-kanak di mana-mana. Meningkatnya minat masyarakat untuk memasukan putra-putrinya kesekolah sedini mungkin, ditanggapi dengan antusias para pengelola pendidikan untuk membuka kelas-kelas bermain ini, namun sayangnya kurang diimbangi dengan pengetahuan yang benar tentang dunia pendidikan pra TK tersebut.

Akibatnya, banyak guru play group yang menyamaratakan jenjang ini dengan jenjang TK A, dengan hanya mengurangi sedikit beban kurikulumnya. Guru meminta anak untuk bisa duduk rapi seharian di dalam kelas, diberi pertanyaan-pertanyaan yang membingungkan, yang belum seharusnya diterima oleh anak-anak usia pra-TK bahkan usia TK sekalipun yang dunia utamanya bermain.

2 komentar:

Todi saja mengatakan...

kalo hal diatas terjadi, ini pertanda pemahaman konsep tentang apa itu playgroup dan TK belum menyeluruh ya bunda?

PGTK DARUNNAJAH mengatakan...

yup...betul

Poskan Komentar