er Pengertian Metode di Taman Kanak-Kanak | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Pengertian Metode di Taman Kanak-Kanak

Pada umumnya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai guru harus mempersiapkan program terlebih dahulu. Sebagaimana terdapat dalam Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Bahwa tujuan Program Kegiatan Belajar anak TK adalah untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta.

Tugas-tugas perkembangan masa kanak-kanak awal yang harus dijalani anak TK :
Berkembang menjadi pribadi yang mandiri
Belajar memberi berbagi dan memperoleh kasih sayang.
Belajar bergaul dengan anak lain.
Mengembangkan pengendalian diri.
Belajar bermacam-macam peran orang dalam masyarakat.
Belajar untuk mengenal tubuh masing-masing.
Belajar menguasai keterampilan motorik halus dan kasar.
Belajar mengenal lingkungan fisik dan mengendalikan.
Belajar menguasai kata-kata baru untuk memahami anak/orang lain.
Mengembangkan perasaan positif dalam berhubungan dengan lingkungan.
Guru mengembangkan kreativitas anak. Dan metode yang dipilh adalah metode yang dapat menggerakkan anak untuk meningkatkan motivasi rasa ingin tahu dan mengembangkan imajinasi.
Guru mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan metode yang dapat meningkatkan perkembangan kemampuan berbicara, mendengar, membaca dan menulis.
Guru mengembangkan emosi anak dengan menggunakan metode-metode yang menggerakkan anak untuk mengekspresikan perasaan yang menyenangkan.
Guru mengembangkan kemampuan motorik anak dapat dipergunakan metode yang menjamin anak tidak mengalami cidera. Untuk mengembangkan nilai dan sikap anak dapat dipergunakan metode yang memungkinkan terbentuknya kebiasaan yang didasari oleh nilai-nilai agama dan moral Pancasila.
- Pada anak usia TK tidak dapat disuruh duduk diam selama jam kegiatan.
- Anak TK mempunyai dorongan yang kuat untuk mengenal lingkungan alam sekitar dan sosial yang lebih baik.
- Rasa ingin tahu anak TK tidak terbatas pada hal-hal tersebut di atas, melainkan juga untuk menemukan jawaban sendiri.
- Untuk memperoleh informasi dan pengalaman, anak TK mempunyai dorongan yang kuat untuk menjelajahi dan meneliti lingkungannya.
- Anak TK cenderung mengekspresikan diri bila harus menanggapi sesuatu.
- Anak TK cenderung tidak dapat membedakan antara kejadian nyata dengan kejadian khayal.

Beberapa metode pengajaran di TK
Bermain
Karya wisata
Bercakap-cakap
Bercerita
Demonstrasi
Proyek
Pemberian tugas

0 komentar:

Posting Komentar