er Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa PGTK Darunnajah | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa PGTK Darunnajah


Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program materi kuliah yang ada di PGRA/TK Darunnajah. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.Untuk menjadi guru yang memiliki kompetensi yang memadai diperlukan latihan-latihan secara terus-menerus. Kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa dalam PPL diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan yang sistematik dan terpercaya dari lembaga yang kompeten. Proses kompetensi ini didapat dari banyaknya interaksi bermakna, yaitu interaksi antar mahasiswa dan guru pamong, mahasiswa dan dosen pembimbing, mahasiswa dan dosen, serta mahasiswa dan materi pelajaran. Oleh karena pelaksanaan PPL harus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjadi interaksi-interaksi yang dapat menumbuhkembangkan kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang guru.

Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dalam pelaksanaan PPL, maka lembaga PGTK Darunnajah mengadakan Pembekalan PPL untuk mahasiswanya sebagai wahana untuk pengarahan dan persiapan pelaksanaan PPL. Pembekalan PPL ini dilaksanakan pada hari rabu, 2 Februari 2011. bertempat di kampus PGTK. Yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PGTK. Acara ini dimulai pukul 10.00-13.00 WIB. Dalam pembekalan ini mahasiswa diberikan pengarahan tentang pelaksanaan PPL diantaranya :
a. Panduan PPL
b. Pedoman Non Teknis PPL
c. Cara berpakaian
d. Simulasi mengajar di TK

Dalam pembekalan PPL ini mahasiswa diberikan penjelasan tentang prosedur waktu PPL yaitu PPL terdiri dari Micro teaching (latihan mengajar dalam kelompok kecil) dan Praktik mengajar di Sekolah Praktik. PPL ini dilaksanakan selama satu bulan. Tanggal 14 Februari-12 Maret 2011. dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
Minggu I : Observasi,
Minggu II : Mengajar terbimbing,
Minggu III : Mengajar mandiri,
Minggu IV : Ujian praktik.
Pelakasanaan PPL dilaksanakan di 3 sekolah TK yaitu TK Islam Darunnajah Ulujami, RA. Amali Ciledug dan RA. Al-muttaqin Petukangan.

Kegiatan pembekalan PPL ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang baik dari seluruh mahasiswa, dengan adanya interaksi yang komunikatif antara dosen dan mahasiswa sehingga suasana pembekalan PPL berjalan secara kondusif.
Semoga kegiatan PPL mahasiswa PGTK Darunnajah tahun akademik 2010-2011 berjalan dengan lancar dan baik. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar