er Kurikulum PAUD berdasar Multiple Intelligence | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Kurikulum PAUD berdasar Multiple Intelligence

Saat ini sudah banyak sekolah-sekolah yang mengembangkan aspek-aspek dalam Multiple Intelligence (Kecerdasan Majemuk) dalam kurikulumnya, termasuk dalam kurikulum TK.Kurikulum Pos Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Terpadu (yang disebut MENU GENERIK) untuk anak usia 4-5 tahun yang indikatornya sudah kami pilah-pilah ke dalam 9 jenis kecerdasan

1.KECERDASAN LINGUSITIK
•Mendengarkan orang tua/teman berbicara
•Dapat menjadi pembicara dan pendengar yang baik
•Menirukan kembali 3-4 urutan kata
•Menyebutkan kata-kata dengan suku awal kata yang sama. Misal: kaki-kaki atau suku kata akhir yang sama, misal: nama-sama, dll
•Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
•Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana
•Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
•Menunjukkan gerakan-gerakan, misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, melompat, menangis, senang, sedih, dll
•Menyebutkan posisi/keterangan tempat. Misalnya: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di kiri, di kanan, dll.
•Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)
•Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
•Menceritakan isi buku walaupun tidak sama antara tulisan dan yang diungkapkan
•Menghubungkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya
•Menyebutkan bentuk-bentuk benda yang baru dilihatnya
•Menceritakan informasi tentang sesuatu yang diperoleh dari buku
•Menceritakan kembali suatu informasi berdasarkan ingatannya
•Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.

2.KECERDASAN MATEMATIKA-LOGIS

•Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
•Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu.
•Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.
•Membilang atau menyebut urutan bilangan minimal dari 1-10.
•Membilang dengan menunjuk benda ( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5).
•Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 5.
•Mengenal konsep banyak-serdikit, lebih-kurang, sama-tidak sama.
•Menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis).
•Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit.
•Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segi empat, segitiga).
•Menyebutkan kembali benda-benda yang menunjukkan bentuk-bentuk geometri.
•Mengerjakan maze ( mencari jejak) yang sederhana.
•Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (4-6 keping).
•Memasang benda sesuai dengan pasangannya.
•Membedakan konsep kasar-halus melalui panca indera.
•Memecahkan masalah sederhana.
•Menyebutkan konsep depan-belakang-tengah, atas-bawah, luar-dalam, pertana-terakhir-diantara, keluar-masuk, naik-turun, maju-mundur.
•Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat, melalui mengukur dengan satuan tak baku (lankah, jengkal, benang atau tali, dll).
•Membedakan konsep berat-ringan, gemuk-kurus melalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera.
• Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir biji-bijian, beras, dll.
•Membedakan konsep tinngi ke rendah.
•Membedakan konsep besar kecil.
•Membedakan konsep cepat-lambat.
•Membedakan waktu (pagi, siang, malam).
•Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, bulan an tahun.
•Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih, merah,…..

3.KECERDASAN VISUAL SPASIAL

•Membuat berbagai macam coretan
•Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang di buatnya
•Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
•Membaca gambar yang memiliki kata/ kalimat
•Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbul yang melambangkannya
•Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll) Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat, menggabar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proposional) stempel/mencetak dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepayah, karet busa,dll.)
•Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
•Mewarnai bentuk gambar sederhana
•Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk geometri
•Mencipta bentuk lidi
•Membatik dan jumputan sederhana
•Bermain warna dengan berbagai media.Misalnya: Krayon,cat air,dll
•Melukis dengan jari ( Finger Painting )

4.KECERDASAN MUSIK
•Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
•Membuat bunyi-bunyi dengan berbagai alat
•Menciptakan alat perkusi sederhana (misalnya membuat krincingan dari tutup botol)
•Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat irama
•Menggerakakkan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik
•Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama music
•Menyanyikan lagu secara lengkap
•Menyanyikan beberapa lagu anak
•Mencipta mengarang syair lagu
•Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana
•Mengucapkan syair dari beberapa lagu

5.KECERDASAN KINESTETIK

•Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat
•Menjiplak dan meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
•Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)
•Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu
•Menggunting bebas
•Merobek bebas
•Meronce dengan manic-manik
•Berjalan ke berbagai cara, isalnya: berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papa titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan dengan jinjit (angkat tumit), berjalan mendur
•Melopat ke berbagai arah dega satu atau dua kaki
•Memanjat,bergantung, dan berayun
•Berdiri dengan tumit, berjalan di atas stu kaki dengan seimbang
•Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh
•Berlari dengan berbagai variasi
•Merangkak dengan berbagai variasi
•Melakukan gerak keseimbangan pada saatduduk dan berdiri
•Memutar dan mengayunkan lengan
•Menarik dan mendorog benda
•Membungkukkan tubuh
•Membungkukan badan
•Melambungkan dan menangkap objek (bola besar,kantong biji, dll)
•Menangkap dan melempar objek (bola besar,kantong biji, dll)
•Memantulkan objek (bola besar,kantong biji, dll) diam ditempat
•Memantulkan objek (bola besar,kantong biji, dll) sambil berjalan/ bergerak
•Mencocok dengan pola bantuan guru

6.KECERDASAN INTERPERSONAL

•Bersikap ramah
•Meminta tolong dengan baik, mengucapkan salam
•Berterima kasih jika memperoleh sesuatu
•Berbahasa sopan dalam berbicara
•Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
•Mau mengalah
•Mau berbagi miliknya dengan misalnya makanan, mainan, dll
•Meminjamkan miliknya dengan senang hati
•Sabar menunggu giliran
•Dapat atau suka menolong

7.KECERDASAN INTRAPERSONAL
•Tidak mengganggu teman
•Mampu mengerjakan tugas sendiri
•Menunjukkan kebanggan terhadap hasil karjanya
•Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
•Membersihkan diri sendiri dengan bantuan, misalnya: menggosok gigi, mandi, buang air, dll
•Membantu membersihkan lingkungannya
•Berhenti bermain pada waktunya
•Dapat dibujuk
•Tidak cengeng
•Mematuhi perintah secara sederhana
•Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunya
•Mengenal dengan baik jenis permainan yang dipilih sendiri dan menghindari benda-benda berbahaya
•Mengetahui barang-barang milik sendiri dan milik orang lain
•Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
•Melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah
•Mengikuti aturan permainan
•Melaksanakan tugas yang diberikan guru
•Mengenal dan menjaga barang milik sendiri
•Dapat memasang kancing atau resleting sendiri
•Memasang dan membuka tas sepatu
•Mampu makan sendiri
•Membuang sampah pada tempatnya
•Berani pergi dan pulang sendiri
•Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misal: makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan sepatu, dan mengikat tali sepatu
•Menyiram tanaman, member makan binatang
•Membantu membersihkan lingkungannya
•Membuang sampah pada tempatnya

8.KECERDASAN NATURAL

•Menyiram tanaman, memberi makan binatang
•Membantu membersihkan lingkungannya
•Membuang sampah pada tempatnya

9.KECERDASAN SPIRITUAL
•Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
•Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
•Menirukan gerakan ibadah secara sederhana
•Menyebutkan waktu beribadah
•Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan. Misal: manusia, bumi, langit, tanaman, hewan
paud.co.cc

2 komentar:

Anisayu Nastutik mengatakan...

Sungguh senang hadir disina bersama anak2 yg ceria,,,,

Anonim mengatakan...

anak adalah anugerah...anak adalah amanat....dunia anak adalah dunia yang penuh keunikan dan keindahan.....salam kenal

Posting Komentar