er Anak Belajar Mengambil Keputusan | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Anak Belajar Mengambil Keputusan



Bagaimana menolong anak belajar mengambil keputusan?

Mengambil keputusan adalah sesuatu yang harus kita hadapi setiap hari. Sejak bangun tidur, sampai tidur lagi, melibatkan pilihan-pilihan yang membuat kita harus mengambil keputusan. Tak ayal lagi mengambil keputusan adalah salah satu ketrampilan hidup yang perlu dimiliki, dilatih dan dikuasai oleh setiap orang

Bagaimana menolong anak belajar mengambil keputusan?

Mengambil keputusan adalah sesuatu yang harus kita hadapi setiap hari. Sejak bangun tidur, sampai tidur lagi, melibatkan pilihan-pilihan yang membuat kita harus mengambil keputusan. Tak ayal lagi mengambil keputusan adalah salah satu ketrampilan hidup yang perlu dimiliki, dilatih dan dikuasai oleh setiap orang.

Mengambil keputusan bukan monopoli orang dewasa. Sejak kecil pun anak bisa dilatih untuk mengambil keputusan sendiri. Mulai dari minum memakai gelas merah atau biru, pergi ke mall dengan teman atau istirahat di rumah, mengikuti kursus karate atau musik, sampai memilih perguruan tinggi dengan jurusan yang diminati.

Salah satu cara untuk menolong anak kita menjalani kehidupan yang bahagia, sukses dan bermanfaat bagi orang lain adalah mengajar mereka untuk membuat keputusan yang baik dan membiarkan mereka membuat keputusan untuk diri mereka sendiri.

Dalam pendidikan berbasis rumah, anak (dan juga orangtua) memiliki banyak kesempatan dan juga tuntutan untuk mengambil keputusan dan bertanggungjawab atas keputusan tersebut.

Bagaimana kita menolong mereka untuk mengambil keputusan?

1.Ajak mereka untuk mengenali dan mendefinisikan masalahnya.
2.Minta mereka untuk mendefinisikan keinginan mereka dengan spesifik.
3.Minta mereka membuat daftar apa yang mereka miliki untuk mendukung keinginan tersebut. Termasuk di dalamnya adalah kekuatan mereka, ketrampilan mereka, dana, bakat, atau fasilitas yang ada di sekitar.
4.Minta mereka mengambil waktu sejenak dan menuliskan pilihan-pilihan atau kemungkinan-kemungkinan yang ada.
5.Minta mereka mengumpulkan informasi untuk setiap pilihan-pilihan yang ada. Apa keuntungan dan kerugiannya, apa kelebihan dan kekurangannya.
6.Ajak mereka untuk mengevaluasi dan membandingkan setiap pilihan. Mana yang paling baik? Mana yang paling menunjang cita-cita dan nilai-nilai hidup yang dipegang oleh anda dan keluarga? Mana yang mempunyai efek jangka panjang yang paling baik?
7.Biarkan mereka mengambil keputusan. Ucapkan selamat bahwa mereka sudah mengambil keputusan berdasarkan informasi-informasi yang ada dan pertimbangan yang baik. Pilihan mereka mungkin tidak seratus persen seperti yang Anda inginkan. Tapi berilah kesempatan kepada mereka untuk belajar membuat keputusan dan bertanggungjawab atas keputusan tersebut.
8.Minta mereka membuat rencana untuk melaksanakan apa yang sudah diputuskan. Proses pembuatan keputusan belum berakhir sampai ada rencana untuk melaksanakannya, dan kemudian….bergerak untuk melaksanakannya!



2 komentar:

Annur Shah mengatakan...

Senang sebelumnya
wah PG TK hehehe
pasti raji bgt sayang ank kecillll

OWh iYa... Ngomong2 mau follow tapi ...
ada yg keberatan nieh...

kaykanya terlalu byak aplikasi jadi susah bgt loadingnya alias lemot banget...
mendingan dikurangi degh !!

Jadi orang yg mau mmebaca juga gak jengkel hehehhehhe bis lemot ...
dikurangi kayak yg gak penting gtu... saran dan kritik Ok!!!

PGTK DARUNNAJAH mengatakan...

makasihn atas sarannya

Posting Komentar