er Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Rencana Kegiatan Pembelajaran Tahunan Kelompok Usia 4 – 5 Tahun


RENCANA KEGIATAN
PEMBELAJARAN TAHUNAN
KELOMPOK USIA 4 – 5 TAHUN

ASPEK DAN INDIKATOR PERKEMBANGAN
KONSEP
PENGETAHUAN
ISI KURIKULUM
1.      MORAL DAN NILAI-NILAI  AGAMA
-    Menyanyikan lagu keagamaan.



-    Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan yang dilakukan dengan sikap yang benar.




















-    Dapat melakukan ibadah




-    Membedakan ciptaan tuhan dengan manusia



-    Menyayangi semua ciptaan tuhan dan menunjukan perilaku memelihara ciptaan tuhan.





-    Menunjukkan perilaku atas dasar keyakinan adanya tuhan yang maha tahu dan mendengar, dsb.

-    Merasakan/ditunjukan rasa sayang cinta kasih melalui belajar atau rangkulan


-    Selalu mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu.






-    Mengucapkan salam.


-    Mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong)

-    Menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak.



-    Menolong teman dan orang dewasa


2.      BAHASA
-    Mengenal masing-masing bunyi huruf, contoh mampu.



-    Berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang kompleks (lebih dari 10 kata)


-    Mengerti dan melaksanakan lebih dari 3 perintah.

-    Mengajukan dan menjawab dengan kalimat kompleks.


-    Menyebutkan nama benda dan sifatnya memperdalam dengan percakapan



-    Dapat membaca bila anak sudah siap


-    Memecahkan masalah dengan berdialog (sebab akibat)


3.      KOGNITIF
-    Mengelompokkan benda yang sama dan sejenis









-    Menyebutkan semua jenis bentuk







-    Mencipta berbagai desain/gambar




-    Membedakan besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan waktu ruang dan deskripsi.

-    Membedakan penyebab rasa.




-    Membedakan sumber bau


-    Menguasai konsep bilangan




-    Dikenalkan lambang bilangan.


-    Menggunakan alat-alat atau tanda untuk berhitung.

-    Mendeskripsikan warna benda-benda dilingkungannya


4.      FISIK
-    Berjalan dengan berbagai variasi dan lebih lancar.

-    Naik turun tangga tanpa berpegangan.

-    Memanjat dan berayun


-    Berjalan diatas papan titiar dengan membawa benda.

-    Berlari lurus.


-    Senam dengan gerakan sendiri,


-    Senam dengan gerakan sendiri


-    Menandang, menangkap, dan melempar bola dengan jarak lebih jauh, serta bermain bola keranjang.


-    Melompat dengan satu dan dua kaki secara bervariasi.

-    Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi.

-    Berjingkat dengan satu dan dua kaki secara bervariasi.

-    Membedakan permukaan benda melalui perabaan

-    Menganyam


-    Menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah


-    Menggunting mengikuti bentuk.


-    Melipat kertas sampai menjadi suatu bentuk (origami)

-    Membuat lingkaran

-    Dikenalkan untuk menulis masa peralihan dari konkrit ke abstrak

5.      SOSIAL EMOSIONAL
-    Mematuhi etiket makan dan jadwal makan teratur.


-    Bermain bersama dan bergantian menggunakan alat mainan.


-    Terbiasa menggunakan toilet.


-    Berani ketempat belajar tanpa diantar.

-    Dapat memilih kegiatan sendiri.



-    Menunjukkan ekspresi, wajar saat marah, sedih, takut dsb.



-    Menjadi pendengar dan pembicara yang baik.



-    Menjadi pendengar dan pembicara yang baik.



-    Tertib menggunakan alat atau benda sesuai dengan fungsinya.



-    Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri.

-    Mengerti aturan main dalam bermain bersama.


-    Mengerti akibat jika melakukan kesalahan atau melanggar aturan.



-    Memiliki kebiasaan teratur



-    Menjaga kerapihan sendiri (berdandan sendiri).


-    Biasa memimpin kelompok kecil (5-10 anak).


-    Dapat memecahkan masalah sederhana

-    Mengetahui hak dan kewajiban


6.      SENI
-    Mengikuti gerakan tari sederhana sesuai irama.


-    Menyanyikan lagu diiringi musik


-    Bertepuk tangan membentuk irama.



-    Memainkan alat musik


-    Melukis dengan alat dan bahan bervariasi

7.      GIZI SEIMBANG
-    Makanan keluarga dengan gizi seimbang.



-    Biasakan makan sayur dan buah


-    Pemberian kapsul dan vitamin A (200.000) warna merah 2 x pertahun



Bahasa, seni



Bahasa, seni






















Bahasa, matematika




Matematika




Bahasa, matematika, sains






Seni, matematika, bahasa


Bahasa




Bahasa, seni







Bahasa, seni


Bahasa sosial, emosional

Sosial, emosional, bahasa



Bahasa, sosial, emosional


Bahasa, matematika




Bahasa, matematika




Bahasa, matematika


Bahasa, matematika



Bahasa, seni, matematika, sains




Bahasa, matematika


Bahasa, sosial, emosional, matematika


Bahasa, matematika, seni









Matematika, bahasa, seni






Matematika, bahasa




Bahasa, matematika
Sains


Matematika, bahasa sains



Sains, seni, bahasa, matematika

Matematika, bahasa, sains



Matematika, bahasa


Seni, bahasa, matematika

Bahasa, seni, matematika



Bahasa, matematika


Bahasa, matematika


Bahasa, matematika


Seni, bahasa, matematika

Sains, bahasa, matematika

Bahasa, matematika


Bahasa, matematika


Bahasa, matematika




Bahasa, matematika


Bahasa, seni


Bahasa, seni


Seni, bahasa


Seni


Matematika



Seni, matematika


Seni, matematika


Seni, matematika

Seni, bahasa, matematika


Matematika, bahasa



Seni, bahasa, matematika





Bahasa, matematika


Bahasa, matematika



Bahasa seni




Bahasa, matematika




Bahasa, matematika




Bahasa, matematika




Bahasa, seni, matematika

Bahasa, matematika



Bahasa matematika




Bahasa, seni, matematika


Bahasa, seni



Matematika



Bahasa, matematika


Bahasa, matemtika



Metorik kasar



Bahasa, seni, matematika

Bahasa, seni matematika


Seni motorik halus, motorik kasar

Seni, matematika, bahasa


Seni, bahasa, matematika



Bahasa, sains, matematika




-   Menyanyikan lahu “doa”
-      Menyanyikan lagu keagamaan yang sederhana

-      Berdo’a sebelum dan sesudah makan.
-      Berdo’a sebelum dan sesudah belajar.
-      Berdo’sebelum dan sesudah bangun tidur.
-      Doa untuk ayah dan ibu
-      Doa masuk dan keluar masjid
-      Doa keselamatan dunia & akhirat
-      Doa naik kendaraan
-      Doa ketika bercermin
-      Doa memakai & membuka baju
-      Doa masuk rumah
-      Doa keluar rumah
-      Doa masuk & keluar kamar mandi
-      Mengenal kalimat thayiban
-      Melafazkan adzan & iqomah
-      Mengucap 2 kalimat syahadat dengan benar
-      Mengenal arti zakat
-      Mengenal arti puasa

-      Dapat melakukan gerakan wudhu/tayamum
-      Dapat melakukan gerakan sholat
-      Mengenal bacaan sholat

-      Membedakan ciptaan tuhan dan buatan manusia
-      Menyebutkan ciptaan-ciptaan Allah dan sifat-sifatnya

-      Menyayangi binatang
-      Memelihara binatang
-      Menunjukkan sikap sayang kepada orang tua
-      Menunjukkan sikap sayang kepada orang tua disekeliling, misalnya teman, guru, pembantu.

-      Menyebutkan beberapa ciptaan Allah dan sifat-sifatnya.
-      Selalu berdoa kepada Allah

-      Selalu bersalaman bila bertemu guru atau teman.
-      Merasakan /ditunjukan rasa sayang cinta kasih melalui belaian atau rangkuman.
-      Mengucapkan terima kasih melalui nyanyian “thank you”.
-      Bersyukur atas prestasi yang telah dicapai.
-      Terbiasa mengucapkan terima kasih.
-      Tolong menolong dengan baik.

-      Terbiasa mengucapkan salam
-      Terbiasa menjawab salam.

-      Mudah meminta maaf bila melakukan kesalahan.

-      Senang dipimpin dan mau dipimpin
-      Tolong menolong dan dapat bekerja sama.

-      Menolong sesama teman dan orang dewasa.


-      Mengenal bunyi huruf awal dari kata yang bermakna.
-      Mengenal bunyi huruf akhir dari kata yang bermakna.

-      Melengkapi kalimat
-      Menyempurnakan kalimat
-      Menyebutkan sebanyak-banyaknya nama benda.

-      Bertanya dan menjawab
-      Menjawab cerita

-      Menjawab cerita
-      Menyebutkan sebanyak-banyaknya kegunaan suatu benda

-      Mencocokan gambar dengan alat dan fungsinya.
-      Mengenal kosakata baru.
-      Menceritakan pengalaman yang baru saja dilalui.

-      Membaca kata bergambar
-      Membaca buku cerita sederhana

-      Menceritakan gambar yang telah dibuat



-      Mengurutkan sesuai pola yang dicontohkan.
-      Mengelompokkan benda menurut warna, bentuk, jenis dan ukuran.
-      Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan tanaman yang mempunyai ciri-ciri tertentu.
-      Memasangkan benda sesuai pasangannya.

-      Menyebutkan dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri.
-      Menyebutkan dan menunjukkan benda-benda yang berbentuk geometri.
-      Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri.

-      Menggambar di dalam bentuk geometri.
-      Mengenal konsep statistik dan grafik

-      Membedakan  bentuk besar kecil
-      Membedakan warna


-      Menyebutkan asal rasa asin, manis, pahit, asam.
-      Menyebutkan berbagai rasa dan asalnya

-      Membedakan bau melalui penciuman.

-      Menyebutkan urutan bilangan.
-      Mengenal konsep bilangan dengan benda. Misalnya kancing, batu, warna dsb.

-      Menghubungkan konsep lambang bilangan dengan benda.

-      Menyebutkan berbagai alat untuk mengukur.

-      Mencampur warna.
-      Mengenal daur hidup tanaman.
-      Mengenal daur hidup hewan.


-      Berjalan pada garis lurus.
-      Berjalan jinjit.

-      Dapat naik turun tangga tanpa berpegangan

-      Memanjat papan titian, berayun diayunan.

-      Berjalan diatas papan titian dengan membawa benda.

-      Berlari diatas tali yang lurus.


-      Melakukan senam dengan gerakan sendiri.

-      Melakukan senam dengan gerakan sendiri.

-      Menendang dan menangkap dan melempar bola dengan jarak lebih jauh serta bermain bola keranjang.

-      Melompat dengan 1 dan 2 kaki secara bervariasi.

-      Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi.

-      Berjingkat dengan 1 dan 2 kaki secara bervariasi.

-      Membedakan kasar halus melalui perabaan.

-      Menganyam menggunakan daun, kertas.

-      Menuang biji-bijian kedalam botol sambil dihitung tanpa tumpah.

-      Menggunting mengikuti bentuk seperti lingkaran, segitiga dsb.

-      Melipat kertas sampai menjadi suatu bentuk (origami).

-      Membuat lingkaran.

-      Mengenal angka.
-      Menulis angka.


-      Terbiasa makan pada waktunya.
-      Terbiasa mengambil makanan sendiri dan makan sendiri.

-      Dapat membedakan milik sendiri milik orang lain dan sekolah.
-      Mampu mengendalikan emosi.

-      Buang air pada tempatnya dan membersihkannya.

-      Biasa berangkat sekolah sendiri tanpa diantar dan tepat waktu.

-      Berlatih mandiri
-      Terbiasa mengikuti tata tertib dan aturan main.

-      Mengekspresikan  wajah gembira, sedih, marah, takut, bingung.


-      Senang menjadi pemimpin dan mau dipimpin.
-      Tanggung jawab atas tugas yang diberikan.

-      Senang menjadi pemimpin dan mau dipimpin.
-      Tanggung jawab atas tugas yang diberikan.

-      Mengembalikan alat main pada tempatnya.
-      Membuka sepatu dan menyimpan ke rak sepatu.

-      Berlatih sabar, antri
-      Tidak mau menang sendiri.

-      Bekerja sama
-      Solidaritas antar teman
-      Mentaati peraturan main.

-      Tanggung jawab atas tugas yang diberikan.
-      Mau menerima tugas yang diberikan.

-      Terbiasa mengembalikan mainan pada tempatnya.
-      Berhenti main pada waktunya.

-      Biasa pakai baju sendiri.
-      Rapi dalam bertindak, berpakaian dan bekerja.

-      Senang menjadi pemimpin dan mau memimpin.


-      Dapat memecahkan masalah sederhana.

-      Menerima tugas dengan baik
-      Mendapatkan nilai dari guru.


-      Bergerak bebas sesuai dengan irama.
-      Melakukan gerakan tari.

-      Menyanyi dengan syair
-      Bersenandung

-      Membentuk atau mengenal kosakata
-      Tepuk pola

-      Menabuh drum
-      Memetik gitar

-      Melukis dengan jari
-      Melukis dengan kelereng


-      Mengenal makanan pokok
-      Mengenal sayur dan buah
-      Mengenal makanan 4 sehat 5 sempurna.

-      Mengenal macam sayuran dan buah-buahan.

-      Pemberian kapsul Vitamin A pada anak di bulan februari dan agustus yang berwarna merah.






Peran Orangtua Menunjang Keberhasilan Belajar Anak

pgtk darunnajah | Peran Orangtua Menunjang Keberhasilan Belajar Anak
Orangtua juga memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan studi sang anak. Tak bisa hanya menuntut anak berprestasi, tanpa memberikan dukungan yang bisa memotivasi anak, terutama saat belajar. Apa saja yang bisa dilakukan orangtua?

1. Kunjungi sekolah dan berinteraksilah dengan gurunya untuk mengetahui perkembangan studi anak.

2. Selalu berbicara secara terbuka dengan anak, jangan membuat jarak. Buatlah mereka merasa nyaman untuk berbagi masalah dengan Anda. Jangan terlalu menyalahkan anak jika mereka memiliki kekurangan dalam studi atau tidak memenuhi harapan Anda. Lebih baik membangun kepercayaan dirinya.  

3. Bantu anak dalam membuat jadwal belajar mereka, disertai komitmen bersama. Biarkan anak menentukan jadwal belajar yang nyaman untuknya.

4. Bicaralah dengan anak dan cobalah membuat mereka sadar akan pentingnya belajar, serta menjaga cara belajar mereka.

5. Izinkan mereka juga untuk tetap memiliki waktu bermain, menonton TV, serta mengizinkan mereka mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Ini akan menumbuhkan perkembangan kepribadian anak Anda. 

6. Perhatikan jenis makanan yang Anda berikan kepada anak saat mereka tengah menghadapi ujian. Hal ini akan berpengaruh pada fisik dan tingkat konsentrasi mereka. Hindari makanan seperti kentang atau tapioka, makanan pedas, gorengan yang mengandung asam lemak. Sebaliknya, berikan susu, madu, cokelat yang mengandung kokoa di dalamnya, dan makanan sehat lainnya.Jangan lupa mengatur pola tidur mereka, minimal 6 jam di malam hari.

7. Saat anak akan berangkat ke sekolah untuk menghadapi ujian, buatlah mereka merasa senang.

Sedikit tips di atas bisa menjadi acuan bagi kita sebagai orangtua dalam menunjang keberhasilan pendidikan anak. Karena keluarga adalah tempat pertama dimana anak bisa belajar dan berkembang.


Permainan seru mengasah Panca Indera Anak

1. Buah untuk dilihat, dicium dan dicicipi
Umur : 2 tahun ke atas
Material : Buah-bahan
Cara bermain :
• Sediakan buah-buahan (misalnya apel merah, pisang, jeruk anggur).
• Perlihatkan dan perkenalkan kepada si kecil nama buah satu per satu.
• Mintalah si kecil untuk menyebutkan kembali nama-nama buah-buahan tersebut
• Setelah mengenal warna si kecil dapat anda ajak diskusi mengenai warna,rasa, tekstur dan lain-lain..
Variasi
• Menggunakan buah plastik (tentunya tidak ada kegiatan mencium dan mencicipi)
• Menggunakan aneka sayur atau daging sebagai pengganti buah-buahan
• Menutup mata dengan sapu tangan, dan minta ia menebak buah yang sedang dipegangnya, atau yang kita masukkan ke mulutnya

2. Berjalan-jalan sambil mendengar suara
Umur : 5-7 tahun
Material : Bila memungkinkan bawalah tape recorder untuk merekamsuara-suara yang Anda dan si kecil dengar selama perjalanan, alternatif lain, bawalah buku catatan.
Cara bermain :
• Ajak si kecil berjalan-jalan. Tak perlu jauh, ke taman dekat rumah juga boleh
• Anda bisa katakan pada si kecil,”Selama perjalanan kita hanya boleh mrndengar dan tidak boleh bersuara.”Atau bisa saja tidak ada aturan itu, namun anda dan si kecil bisa saja berhenti sejenak di beberapa tempat dan mendengar suara di sekitarnya.
• Pada saat berhenti,ciptakan suasana hening, sehingga banyak suara-suara itu dengan tape recorder.
• Setelah sampai di rumah, anda bisa memutar tape recorder dan melakukan diskusi tentang suara yang direkam tersebut
• Bila anda menggunakan buku catatan, diskusikan berdasarkan hasil catatan.
Variasi :
• Pergi ke tempat yang jarang didatangi si kecil, seperti pantai atau gunung. Disana si kecil bisa mendengar debur ombak atau gemerisik aliran sungai.

3. Mencium toples dengan aroma yang berbeda
Umur : 3 tahun
Material ;
8 buah toples dan 4 macam aroma yang berbeda (misalnya: kayu putih, mint, durian dan kopi)
Teteskan aroma tersebut di atas kapas. Masukkan kapas k edalam botol. Masing-masing aroma dimasukkan ke dalam dua toples yang berbeda.
Beri tanda di bawah botol untuk pasangan botol dengan aroma yang sama. Taruh botol-botol tersebut di baki.
Cara bermain :
• Dekatkan salah satu botol ke hidung anak anda. Tanyakan, “Ade, tahu, aroma apa ini?, bila si kecil tahu, lanjutkan ke botol yanglain
• Bila si kecil tidak tahu, anda harus memberitahunya lalu lanjutkan ke botol yang lain.
• Setelah itu ajak anak untuk memasangkan botol yang aromanya sama.

4. Permainan kantong misteri
Umur : 2 tahun ke atas
Material : 2 buah kantong dengan tali cord yang sama (tidak tembus pandang), 2 set benda dengan bentuk geometris berbeda (kubus, bola, prisma, dll). Masukkan benda tersebut ke dalam kantong, setiap bentuk ada dalam tiap kantong.
Cara bermain :
• Berikan satu kantong misteri pada anak, dan satunya lagi Anda pegang
• Masukkan tangan anda ke dalam kantong dan ambillah sebuah benda, contohnya kubus, keluarkan dan tunjukkan kepada buah hati anda, “lihat, bunda dapat kubus. Ade ingat, nama benda ini kubus.
• Minta anak anda untuk mengambil be nda yang bentuknya sama dari kantong tanpa membukanya(ia hanya boleh meraba).
• Bila si kecil sudah mendapatkan, puujilah dia
• Selanjutnya Anda coba dengan bentuk benda yang lain
Variasi :
Untuk permainan yang sederhana, Anda bisa lakukan dengan bentuk benda yang biasa ditemukan sehari-hari, misalnya sendok, pensil, bola kecil, dll.
Selamat bermain!
Daftar Pustaka
1. Majalah Parents Guide Vol V No 6 Maret 2007.
2. R. Oberlander, June. Slow and steady get me ready. Primamedia Pustaka. Jakarta : 2005.