er Tumbuh Kembang Anak Di Usia Sekolah | Pendidikan Guru TK - Guru Taman Kanak Kanak

Tumbuh Kembang Anak Di Usia Sekolah

Tumbuh kembang anak di usia sekolah (pra TK dan TK ) adalah masa dimana anak mulai meninggalkan masa balita dan menginjak masa sekolah. Saat – saat yg paling di tunggu oleh kebanyakan orang tua karena di masa ini adalah masa paling penting bagi anak itu sendiri dan tentunya bagi para orang tua.Dari masa kehamilan 9 bln, masa bayi, masa balita, masa anak – anak,masa remaja dst.

Tumbuh kembang anak di usia sekolah merupakan fase di mana anak mulai mengenal lingkungan luar dan lebih luas, karena anak mulai berinteraksi dengan orang – orang yang baru di kenal,dan dalam lingkup besar.Oleh karena itu banyak yg dapat diperoleh anak tersebut baik dampak positif maupun negative. Disinilah peran keluarga terutama orang tua untuk dapat membantu anak membedakan mana yang boleh di lakukan dan tidak boleh di lakukan.

Faktor – faktor yang sering mempengaruhi tumbuh kembang anak:
1 . GIZI
Gizi yang baik tentunya mempengaruhi tumbuh kembang anak di usia sekolah, dimana dengan gizi yang baik menjadikan anak tumbuh dengan sehat dan meminimalisir akan penyakit,karena anak yang menginjak di usia sekolah aktivitas jadi lebih banyak dan beragam. Anak lebih tertarik untuk belajar sesuatu yang baru, bermain dengan ceria bersama temannya. Gizi yang baik tentunya kita dapatkan dari menu makanan anak, vitamin tambahan dan susu.

2 . MENTAL
Mental anak dalam lingkungan baru sangat di butuhkan,karena anak mulai mengenal banyak hal mulai dr awal pencarian jati diri anak, rasa keingintahuan, kemandirian, dan tanggungjawab. Dan mental anak sendiri terlihat di kala anak msh bayi. Disinilah masalah yang paling sensitive yang harus di hadapi orang tua. Kenapa? secara otomatis anak sudah mempunyai beberapa ruang lingkup dalam belajar yang dapat mempengaruhi psikologi anak .

3 . LINGKUNGAN
Lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama dan dasar bagi anak,karena itu keluarga berperan penting dalam pertumbuhan anak apalagi mulai menginjak dunia sekolah. Lingkungan yang kedua dst,dapat memberi pengaruh jauh lebih banyak dan berbeda bagi anak seperti suka membanding–bandingkan, ingin dapat perhatian yang lebih, ego dll.

Lingkungan baru tidak hanya dampak negative yang perlu di waspadai orang tua tetapi banyak juga dampak positif yang di dapat seperti anak mulai mengerti untuk berbagi kepada orang lain, menolong kesusahan teman maupun orang tua nya dsb.

Dalam menyikapi dampak – dampak negative lingkungan bagi tumbuh kembang anak sebaiknya orang tua jangan melihat dari satu sisi.
Berikut ini sebaiknya apa yang harus orang tua tanamkan kepada anak sejak dini dalam menghadapi usia tumbuh kembang anak nantinya:

Pendidikan agama yang cukup dan kuat sebaiknya kita tanamkan sejak dini,karena dengan pendidikan agama yang cukup bisa mengendalikan perilaku moral anak di dalam lingkungan baru yaitu lingkungan sekolah.

Kasih sayang dan perhatiian yang cukup menjadikan keluarga menjadi tempat berbagi yang paling nyaman bagi anak. Sehingga anak tidak akan cari penyelesaian di luar dari keluarga yang mungkin bukan jalan keluar yang anak dapat tetapi pengaruh yang jauh lebih buruk. Alangkah baiknya bila anak kita jadikan sebagai teman atau sahabat dalam menghadapi anak yang mulai mengalami pertumbuhan.

Karena dengan kita bisa menjadi teman/sahabat,anak jadi bisa dengan leluasa bercerita kepada kita apa yang terjadi di luar sana. Sebaiknya kita jadi pendengar yang baik buat anak, setelah mereka selesai bercerita ataupun keluh kesah. Disini peran orang tua untuk membantu mencari solusi dalam tumbuh kembang anak kita.


5 komentar:

LPGTA mengatakan...

IKUTILAH GEBYAR LOMBA KREATIVITAS SANTRI (GALAKSI) ANTAR (TK,RA,PAUD,TAAM,TKQ,TPQ)
DI WATER KINGDOM MEKARSARI CILEUNGSI-BOGOR
YANG DISELENGGARAKAN OLEH LEMBAGA PEMBINAAN GURU TAMAN AL-QURAN(LPGTA)
INFORMASI LEBIH LANJUT KUNJUNGI:

http://galaksilpgta.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

Mohon maaf diluar topik Bunda, kami sedang mencari Reseller & Dropshipper Pakaian Bayi dan Anak
Kami menawarkan berbagai produk dengan harga sangat sangat bersaing.

Silahkan Bunda kunjungi Online Shop Baju Bayi dan Anak kami di:
web: bajubajubayi.blogspot.com
facebook : Baju Baju Bayi

Unknown mengatakan...

Dear Para Guru-Guru diwilayah jakarta dan bekasi....
ica Colection turut berperan serta nih,menyewakan berbagai busana adat dan busana tari untuk anak....Agar Putra Putri kita lebih percaya diri tampil dihadapan publik (panggung).. icacolection.blogspot.com

asolihinskb mengatakan...

Anak PAUD berkembang sesuai dengan tahapan dan usianya, Arikel yang menarik, terimakasih udah disare.

Rizqy Shewhite mengatakan...

Sleep Now
Suara Hujan deras untuk Santai, Fokus atau Tidur nyenyak | Suara alam menenangkan Suara Jangkrik
Tidur nyenyak dengan ditemani Bintang Langit Malam dan suara burung serta suara Jangkrik
Dengarkan Suara Hujan 5 menit Jadi Rahasia Tidur Nyenyak | buat Relaksasi Bagi yang Insomnia
Relaksasi Suara Hujan dan Katak untuk Tidur Nyenyak - Relaxing Rain Sounds and Frogs for Good Sleep

Posting Komentar